Nih Dia Tipe Flow Meter menurut Cara Kerjanya

Tipe Flow Meter yang beredar di pasaran lumayan banyak di mana style flow mtr. ini disesuaikan dengan manfaat dan aplikasinya di lapangan, perihal ini mutlak digunakan sebagai acuan bagaimana cara menentukan style Flow Meter Solar yang sesuai dengan keinginan kita.

Para engineer harus tahu apa saja style dan style flow mtr. yang akan digunakan yang disesuaikan dengan sistem memproses dan juga target pemasangan flow meter. Model dan style flow mtr. umumnya digunakan sesuai dengan target dan juga manfaat flow mtr.

itu sendiri. Pemilihan berasal dari style dan juga style flow mtr. umumnya disesuaikan dengan style fluida yang akan diukur, kondisi lingkungan, besarnya aliran dan juga yang paling mutlak adlah tingkat akurasi berasal dari pembacaan flow meter. tersebut style dan style flow mtr. menurut cara kerjanya :

Ultrasonic Flow Meter

Ultrasonic flow mtr. merupakan alat mtr. dengan cara kerja tidak mengukur secara langsung (inferensial) gara-gara sensor tidak langsung mengukur kecepatan aliran fluida didalam pipa, yang diukur adalah selisih sementara transit (differential transit time), dengan mengukur sementara transit pulsa suara terhadap frekuensi yang tinggi (high-frequency sound pulses) yang melintas terhadap pipa beraliran fluida.

Waktu transit adalah sementara yang diperlukan pulsa suara yang melintasi pipa didalam dua arah, yakni Sejalan dan berlawanan arah dengan arah aliran. Selisih sementara pada keduanya tersebut sesuai dengan rata-rata kecepatan alir cairan.  

Karena pengukuran aliran berdasarkan sementara transit, maka metode ini disebut termasuk dengan ultrasonic transit time flow meter.

Ultrasonic sanggup disimpulkan banyak hal. Semenjak populer menjadi Portable Ultrasonic flow meter., para teknisi mengayalkan bahwa flowmeter adalah Portable Ultrasonic flow meter.

Bagaimanapun juga, ultrasonic flowmeter adalah sebuah alat yang diperluakan untuk mengukur kecepatan aliran, volume, aliran masa berasal dari cairan atau gas dengan kharakteristik sanggup dibawah berpindah-pindah.

Ada beberapa perusahaan yang mencoba mengembangkan teknologi ini untuk aplikasi uap tetapi sejauh ini aplikasi berasal dari alat ini masih berwujud tidak lazim dan terbatas.

Ultrasonic flow mtr. sejauh ini dibuat didalam segala style dan range aplikasi berasal dari transmit sementara atau Doppler sebagi aliran dasar atau aliran fluid, rendahnya anemometer untuk menggambarkan mahalnya gas alam sebagai aplikasi transfer tahanan. Harga untuk sebuah ultrasonic flow mtr. sanggup berkisar pada USD

25 sampai USD 150.000 tergantung terhadap aplikasinya dan termasuk tersedia yang hand held ultrasonic flow meter.

Prinsip Operasi Flow Meter

Pada dasarnya orang akan membedakan satu teknologi berasal dari dua style teknik pengukuran tetapi perihal ini tidak semuanya benar. Sebuah Ultrasonic flow mtr. akan dikategorikan kedalam style Doppler (yang mana digunakan untuk menggeser prinsip Doppler).

Atau peralatan perpindahan sementara yang berwujud mengukur selisih waktu.Perbedaan ini bisa saja telah mempunyai alasan yang lumayan simpel untuk mengklasifikasikan ultrasonic dengan ringan didalam industri.

Jika seseorang mempelajari teknik pengukuran ultrasonic flow meter, mereka akan mendapatkan beberapa teknologi yang bisa saja tidak benar pengklasifikasian.

Dalam perihal ini Doppler flow mtr. yang mana terkandung Doppler shift yang diukur dengan memakai gelombang continue terhadap frekuensi yang selalu atau variasi seperti perubahan yang berjalan didalam Doppler shift yang diukur dengan memakai getaran.

Pada Ultrasonic flow mtr. Transmisi berasal dari gelombang yang melalui sensor secara tidak langsung berhubungan dengan fluida dinamakan non contact type.Bisa termasuk berjalan tidak benar konsepsi atau penyederhanaan terhadap sementara transit flowmeter. 

Beberapa informasi mengklasifikasikan style yang baru sebagai “phase shift” dan dibandingkan dengan style lama dicermati terhadap starting mtr. memakai “transit time“ dan yang lainnya memakai “Correlation transit time“

Sekarang dibuat gabungan pada ke-2 transit tadi dengan teknologi ultrasound, perihal ini sangat mungkin untuk tahu secara pas seberapa banyak manfaat dan hitung berasal dari teknik yang actual.

Type Ultrasonic Flow mtr. ini lumayan banyak digemari khususnya bagi mereka yang ingin style flow mtr. yang sanggup di pindah2 atau dengan kata lain sanggup di bawah kemana-mana atau boleh dikatakan sebagai flow mtr. Jinjing.

Dan cara pengoprasiannya termasuk lumayan simpel tinggal di kuncir ke pipa yang akan diukur flownya. Sedangkan untuk keluaran berasal dari flow mtr. sanggup cuma dibaca terhadap display dan termasuk tersedia yang ditambah dengan printer agar hasil pengukuran sanggup langsung disimpan berwujud hard copy dan tersedia termasuk hasil pengukuran disimpan terhadap memory card berwujud soft copy yang sanggup langsung dibaca oleh pc dengan memakai card reader.

Glass Tube Flow Meter

Glass tube flow mtr. banyak digunakan untuk aplikasi pemasangan dengan sistem vertikal dan beasaran flow rate sanggup langsung di baca terhadap tabung kaca yang mana bahan berasal dari kaca lumayan baik yakni pyrex glass. Jenis Glass tube flowmeter ini banyak digunakan saat installasi pipa cairan tidak mempunyai daerah horisontal yang lumayan agar tidak benar-benar memerlukan daerah yang luas.

Untuk aplikasinya Glass tube flowmeter ini cuma maksimal terhadap temperatur 120 derajad celcius, tetapi pressure maksimal terhadap style ini tidak benar-benar tinggi cuma terhadap kisaran 10 bars, tetapi untk aplikasi Jenis Glass tube flowmeter ini cuma untuk style liquid dan gas. Sedangkan jika kami ingin untuk pressure working yang lebih tinggi di kisaran sampai 60 bar sanggup digunakan style metal tube flow meter.

Thermal Mass Flow Meters

Thermal Mass Flow Meter termasuk dikenal sebagai dispersi termal atau pengukur aliran massa yang sanggup dibenamkan, terdiri berasal dari kelompok instrumen untuk pengukuran laju aliran massa keseluruhan suatu fluida, khususnya gas, yang mengalir lewat saluran tertutup. Tipe ke-2 adalah style tabung kapiler pengukur aliran massa termal. Thermal Mass Controller (MFC) yang memadukan pengukur aliran massa, elektronik, dan katup didasarkan terhadap desain ini. Selanjutnya, pengukur aliran massa termal sanggup dibangun dengan mengukur perbedaan suhu di chip MEMS berbasis silikon.

Coriolis Mass Flow Meter

Gaya yang dihasilkan gara-gara getaran ini akan ditangkap oleh suatu sensor yang akan di konfigurasi lewat coriolis transmitter agar menghasilkan aliran linier. Flow mtr. coriolis mempunya akurasi yang benar-benar tinggi sampai 0.1% dan sanggup di operasikan terhadap temperature tinggi dan juga terhadap pressure tinggi.

Coriolis mass flow mtr. didalam aplikasinya tidak tergoda terhadap perubahan temperature gara-gara karakter berasal dari coriolis flow mtr. ini menghitung massa agar adanya bubble atau udara yang terjebak terhadap aliran tidak begitu berpengaruh di mana untuk pengukuran liquid massa berasal dari udara sanggup di abaikan.

Positive Displacement PD Meter

Positive Displacement (PD) Meter adalah satu-satunya teknologi pengukur aliran yang secara langsung mengukur volume fluida yang melalui pengukur aliran. dengan cara menjebak kantong cairan di pada komponen berputar yang di letakkan di didalam ruang presisi tinggi. Dapat dibandingkan dengan isi gelas kimia dengan cairan berulang kali dan menuangkan isinya ke hilir sambil menghitung berapa kali gelas kimia tersebut diisi. Kecepatan putaran rotor berbanding lurus dengan laju aliran, gara-gara aliran fluida membawa dampak putaran.

Dalam pengukur aliran elektronik, komponen yang berputar mengandung magnet yang mengaktifkan bermacam opsi sensor yang terletak di luar ruang fluida. Pengukur aliran mekanis mengandalkan rotasi untuk menjalankan kopling magnet atau rangkaian roda gigi langsung yang terhubung ke penghitung mekanis.

Turbine Flow Meter

Turbine Flow mtr. terhadap dasrnya memakai prinsip berasal dari woltmann rotating vane meter, di mana didalam Flow mtr. terkandung vane atau turbine atau impeller yang akan berputar sementara fluid mengalir kedalam flow mtr. agar lumayan pas digunakan untuk mengukur fluid yang flow nya rendah tetapi miliki pressure yang benar-benar tinggi.

Electromagnetic Flow Meter

Magnetic flow mtr. terhadap prinsipnya memakai Hukum Faraday berkenaan induksi elektromagnetik. Menurut prinsip ini, saat medium konduktif melalui medan magnet, tegangan yang dihasilkan. Tegangan ini berbanding lurus dengan kecepatan medium konduktif, kerapatan medan magnet, dan panjang konduktor. Dalam Hukum Faraday, ketiga nilai tersebut dikalikan bersama-sama, dengan dengan konstan, untuk menghasilkan besarnya tegangan. gara-gara itu cairan yang diukur oleh flowmeter electromagnetic harus berwujud sebagai conductive.

Electromagnetic Flowmeter merupakan style flow mtr. yang mempunyai populasi penggunaan tertinggi berasal dari semua style Flowmeter ini, digunakan mengukur aliran fluid baik berwujud air atau cairan lainnya baik aliran yang corosive, kotor dan lumpur. Karena pemakiannya yang lumayan banyak beberapa besar para produsen flow mtr. mempunyai produk style electromagnetic flow meter.

Electromagnetic Flowmeter yang paling banyak digunakan didalam aplikasi pengukuran aliran air dan limbah dan chemical. Sebagaian besar aplikasi berasal dari penggunaan Electromagnetic flow mtr. adalah untuk dunia industri seperti industri makanan, minuman, farmasi, perhotelan dan pengolahan limbah gara-gara harus memakai flowmeter yang memenuhi kriteria sanitasi.

Orifice Flow Meter

Flow mtr. style ini terhadap prinsip kerjanya memakai pressure difference dan sanggup digunakan untuk high temperature maupun high pressure. Orifice flow mtr. disamping sanggup digunakan untuk mengukur aliran liquid, gas termasuk sanggup untuk diaplikasikan terhadap aliran Steam. Flow mtr. yang dibuat berasal dari bahan UPVC, PE dan PP atau PTFE benar-benar sesuai sekali untuk aplikasi aliran chemical yang corosive. Pada Type Orifice flowmeter ini tersedia termasuk yang diaplikasikan untuk cairan matrial yang berat/ kental seperti cairan slude terhadap sistem WWT atau mengukur gas yang mempunyai humadity yang tinggi.

Variable Area Flow Meter

Variable Area Flow Meter adalah pengukur aliran industri yang digunakan untuk mengukur laju aliran cairan dan gas. Pengukur daerah variabel terdiri berasal dari tabung dan pelampung. Respons float terhadap perubahan debit adalah linier, dan rentang aliran 10-ke-1 atau penurunan adalah standar.

Pengoperasian meteran ini didasarkan terhadap prinsip daerah variabel: aliran fluida meningkatkan pelampung didalam tabung yang meruncing, meningkatkan luas aliran fluida. Semakin besar alirannya, tambah tinggi pelampung dinaikkan. Ketinggian pelampung berbanding lurus dengan debit. Dengan zat cair, pelampung dinaikkan dengan gabungan energi apung zat cair dan kecepatan head fluida.

Dengan gas, energi apung sanggup diabaikan, dan pelampung cuma merespons head kecepatan saja. Pelampung bergerak ke atas atau ke bawah didalam tabung sesuai dengan laju aliran fluida dan luas lingkaran pada pelampung dan dinding tabung. Pelampung capai posisi stabil di didalam tabung saat type ke atas yang diberikan oleh fluida yang mengalir serupa dengan type gravitasi ke bawah yang diberikan oleh berat pelampung.

Perubahan laju aliran mengganggu keseimbangan type ini. Pelampung kemudian bergerak ke atas atau ke bawah, merubah luas lingkaran sampai kembali capai posisi di mana type berada didalam kesetimbangan. Untuk memenuhi persamaan gaya, float meteran aliran daerah variabel mengasumsikan posisi tidak serupa untuk tiap-tiap debit konstan.

Vortex Flow Meter

Vortex Flow Meter adalah flow mtr. untuk mengukur laju aliran fluida didalam saluran tertutup. Pengukur aliran pusaran terdiri dari: sensor aliran yang sanggup dioperasikan untuk merasakan variasi tekanan gara-gara pelepasan pusaran fluida didalam suatu lintasan dan untuk merubah variasi tekanan menjadi tanda sensor aliran, didalam wujud tanda listrik; dan pemroses tanda yang sanggup dioperasikan untuk terima tanda sensor aliran dan untuk menghasilkan tanda keluaran yang sesuai dengan variasi tekanan gara-gara vortex-shedding berasal dari fluida di bagian tersebut.