Persyaratan dan Cara Daftar hingga Prospek Karir Di STIP

Tahun ini, sekolah kedinasan ulang dibuka bersama dengan warna yang segar. Banyak pendaftaran menjadi dibuka untuk taruna/taruni baru, layaknya Akpol, Akmil, dan sekolah kedinasan lainnya seperti Les Kedinasan Purwokerto.

Lalu, apakah anda memahami salah satu sekolah kedinasan hebat yang bernama STIP Jakarta? Langsung kami ulas tentang sekolah ini, yuk!

Apa Itu STIP Jakarta?

Di darat, kemungkinan kami udah memahami soal Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), lalu apa sih Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran?

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) adalah sekolah tinggi yang berada di naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia punya Menteri Perhubungan Republik Indonesia. Sekolah ini berpusat di Jakarta Utara, tepatnya area Marunda.

Pada dasarnya, sekolah ikatan dinas ini berada terhadap lingkup kelautan. Jadi, anda tidak akan heran kalua taruna/taruni ini berseragam biru laut. Hal ini tidak serupa bersama dengan Akpol yang memang berseragam coklat.

Sebenarnya, peminat STIP tidak sepopuler daripada peminat Akpol dan Akmil. Namun, anda tidak kudu risau dikarenakan menjadi taruna/taruni STIP akan mendapat manfaat yang memadai banyak. Sebelum masuk ke prospek karir STIP, mari kami masuk ke dalam program belajar yang tersedia di STIP.

Program Studi STIP Jakarta

Beda bersama dengan universitas, STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran) cuma sediakan program diploma (D4) dan magister (S2). Berikut beberapa jurusan diploma yang terdapat di STIP.

Jurusan Deck / Nautika

Pada umumnya, program belajar nautika adalah jurusan yang memfokuskan terhadap bidang nautika dan navigasi. Dilansir berasal dari pipmakassar.ac.id, taruna/taruni akan mempelajari tentang perhitungan posisi, arah, dan jarak dalam perjalanan laut. Tidak itu saja, mereka termasuk akan mempelajari langkah menggunakan peralatan navigasi dan teknologi modernnya.

Di STIP, program ini disajikan untuk Diploma-4 bersama dengan jaman pendidikan 8-14 semester. Jika anda lulus di program ini, maka anda akan mendapat gelar S.SiT (Sarjana Sains Terapan) dan mendapat sertifikat kompetensi tingkat 3. Kamu tertarik untuk mendaftar terhadap jurusan ini?

Jurusan Teknika / Mesin

Siapa yang mengidamkan masuk jurusan tehnik mesin? Jika ingin, maka STIP dapat menjadi pilihan kamu, nih. Dalam STIP, tehnik mesin yang akan dipelajari tidak serupa bersama dengan tehnik lainnya. Kamu akan mempelajari tentang pengetahuan permesinan kapal berbasis teknologi moderen dan informasi. Lalu, anda termasuk mempelajari soal pengembangan industri dan pemeliharaan fasilitas prasarana kapal. Sama bersama dengan jurusan nautika, jurusan ini sediakan untuk program Diploma-4 bersama dengan jaman pendidikan 8-14 semester.

Jurusan KALK

Apakah anda memahami tentang jurusan KALK? KALK adalah singkatan berasal dari Ketatalaksanaan Angkatan Laut dan Kepelabuhanan (KALK), Dalam jurusan ini, anda akan mempelajari tentang manajemen transportasi laut dan pelabuhan, administrasi kelautan dan transportasi laut, serta pemakaian teknologinya. Di STIP, program ini disajikan untuk D4 (Diploma-4) bersama dengan jaman pendidikan 8-14 semester.

Itulah beberapa jurusan yang berjenjang diploma di STIP. Sebenarnya masih tersedia banyak program pendidikan yang disajikan di sekolah kedinasan ini, layaknya Magister, Diklat Pemutakhiran, Diklat Penjenjangan Keahlian Pelaut, Diklat Keterampilan Pelaut, dan lain-lain (Kamu dapat cek website resmi stipjakarta.ac.id untuk memahami program pendidikan lebih lengkap).

Syarat dan Cara Mendaftar STIP Jakarta

Kriteria pendaftaran STIP, diantaranya:

WNI

Minimal 16 th. dan maksimal 23 tahun.

Persyaratan nilai memiliki kebanyakan ujian sedikitnya 70.

Tinggi badan laki-laki sedikitnya 160 cm dan perempuan 155 cm.

Berbadan sehat dan bugar, tidak tersedia cacat fisik dan mental, serta bebas narkoba.

Tidak tersedia tato dan tindik terhadap semua tubuh.

Ketajaman penglihatan normal (tidak rabun).

Tidak buta warna spasial dan total.

Tidak sedang merintis hukuman pidana/terlibat terhadap kejahatan.

Belum pernah diberhentikan bersama dengan tidak hormat dan/atau mengundurkan diri sebagai taruna/taruni di instansi kedinasan apapun.

Selain kriteria umum di atas, tersedia beberapa syarat yang dipenuhi kala anda mendaftar terhadap jurusan tertentu, diantaranya:

 D-4 Nautika

Berasal berasal dari SMA/MA (Ilmu pengetahuan Alam) atau SMK Pelayaran yang memiliki jurusan Nautika atau sejenisnya.

D-4 Teknika

Berasal berasal dari SMA/MA (IPA) sederajat atau SMK Pelayaran yang memiliki jurusan teknika atau sejenisnya.

D-4 KALK

Berasal berasal dari SMA/MA (IPA dan IPS) sederajat, SMK Pelayaran atau SMK bersama dengan jurusan usaha dan pemasaran, keuangan, akuntansi, komputer, telekomunikasi, logistik, dan penangkapan ikan.

Sebelum anda masuk langkah mendaftar STIP, anda kudu memahami terlebih dahulu tentang cost SIPENCATAR (Sistem Penerimaan Calon Taruna) di STIP. Seleksi Sipencatar Tahap I

Seleksi Sipencater Tahap II

Seleksi Akademik: Rp200.000

Seleksi Psikotes: Rp350.000

Seleksi Kesehatan: Rp1.100.000

Seleksi Kesamaptaan: Rp100.000

Seleksi Wawancara: Rp100.000

Untuk lokasi seleksinya, calon taruna/taruni dapat hadir di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, tepatnya beralamat di Jalan Marunda Makmur, Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta (Jalur khusus non-reguler). Bagi anda yang mengikuti jalan reguler, anda dapat mengikuti jadwal dan langkah pendaftaran berasal dari website dikdin.bkn.go.id (FYI: Jalur ini dapat berpotensi untuk dapat cost kuliah dan fasilitas gratis).

Selanjutnya, adapun langkah mendaftar STIP jalan non-reguler, diantaranya:

Silakan kunjungi laman resmi SIPENCATAR STIP Jakarta: sipencatar.stipjakarta.ac.id

Jika anda mengidamkan mendapat informasi tentang SIPENCATAR jalan mandiri, silahkan kunjungi menu PROGRAM terhadap laman sipencatar.stipjakarta.ac.id. Di sana, anda akan mendapat informasi program studi, syarat pendaftaran, cost pendaftaran, jadwal seleksi, lokasi seleksi, dan informasi lain (surat pernyataan serta tata tertata ujian).

Setelah memahami informasi tersebut, anda dapat menentukan menu MASUK. Nantinya, laman akan menampilkan form LOGIN. Kamu dapat masuk ke anggota REGISTER.

Kamu dapat mengakibatkan account bersama dengan isi e mail aktif, nomor telephone aktif, dan kata sandi (Pastikan e mail dan nomor teleponmu aktif agar mempermudah verifikasi data).

Setelah register, maka anda akan mendapat e mail notifikasi. Cobalah untuk mengecek kotak masuk terhadap e mail anda (Jika anda tidak mendapat e mail verifikasi

Setelah terverifikasi, maka anda dapat login ulang menggunakan e mail saat anda mendaftar.

Selanjutnya, anda dapat menentukan jurusan yang anda inginkan, jalan masuk, dan gelombang. Nantinya anda diminta untuk membayar cost formulir pendaftaran cocok jurusan yang diambil.

Pada tahap pembayaran, anda akan mendapatkan informasi bersifat virtual account/nomor pembayaran bank BNI. Silahkan anda membayar lewat teller, ATM, internet banking atau mobile.

Setelah bayar, silahkan login ulang dan isilah formulir biodata yang tersedia bersama dengan sejujurnya.

Setelah biodata terisi bersama dengan jujur, anda kudu menanti verifikasi berkas (jika verifikasi berkas, maka akan lanjut ke tahap berikutnya, yaitu seleksi akademik).

Cara ini memadai simpel, kan? Perlu diketahui, STIP adalah sekolah tinggi yang tawarkan prospek karir tinggi bagi taruna/taruninya. Tidak heran jika lulusan sekolah ini dapat bekerja di industri pelayaran, perhotelan, pemasaran, dan teknologi informasi. So, apakah anda berminat untuk mendaftar STIP? Yuk! Tingkatkan stimulus belajar anda untuk masuk STIP lewat Taruna Bangsa.