Pertanyaan yang Sering Diajukan saat Wawancara

Ketika laksanakan wawancara kerja, pasti kandidat dapat dibanjiri dengan pertanyaan kegunaan menguji kompetensi yang dimilikinya dengan desain curriculum vitae.

Berikut ini tips menjawabnya lima pertanyaan yang kerap terlihat di tiap-tiap sistem wawancara kerja.

1. Kontribusi apa yang mampu diberikan untuk perusahaan?

Jika mendapat pertanyaan ini, kita mampu jawab dengan menonjolkan kelebihan kita. Salah satu umpama jawabannya adalah memastikan pewawancara bahwa kita miliki dorongan yang tinggi dalam bekerja atau mampu bekerja di bawah tekanan dan target yang ketat.

Dua poin ini merupakan salah satu atribut penting yang dicari nyaris tiap-tiap perusahaan.

2. Prestasi apa yang udah diraih?

Menjawab pertanyaan ini, jangan sangsi untuk jabarkan pencapaian yang udah diraih sebelumnya. Namun, sebaiknya fokus terhadap pencapaian yang berhubungan dengan posisi kerja yang dilamar.

 Artinya, terkecuali kita melamar sebagai penulis, maka jelaskan lebih dari satu proyek menulis yang berhasil kita tangani dengan baik disini.

3. Apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki?

Untuk kelebihan yang dimiliki, jelaskan secara spesifik. Misalnya, kemampuan grafik desain atau public speaking. Jangan sangsi untuk ceritakan kemampuan lainnya yang barangkali tidak berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar. Hal ini mampu menjadi nilai tambah terkecuali setiap waktu perusahaan memerlukan keahlian tersebut.

Sementara untuk poin kekurangan yang dimiliki termasuk sebaiknya dijawab dengan jujur. Misalnya, sebutkan bahwa kita sedikit gugup ketika berkata depan orang banyak dan tengah berlatih untuk mengatasi hal itu.

4. Mengapa berhenti berasal dari perusahaan sebelumnya?

Jika ditanya pertanyaan ini, jangan sampaikan hal tidak baik perihal perusahaan sebelumnya, ya. Berikan alasan yang lebih bijak, seperti “saya ingin mengoptimalkan potensi saya lebih baik” atau “saya tertarik dengan tantangan dan peluang baru”.

5. Seperti apa konsep dalam lima th. ke depan?

Jika ditanya pertanyaan ini, biasanya pewawancara berharap jawaban lima th. ke depan berkaitan posisi yang kita lamar waktu itu. Itu sebabnya, kita mampu menjawabnya seperti, “Lima th. ke depan, saya ingin menjadi senior editor di perusahaan ini.”

Itulah lebih dari satu tips wawancara kerja yang mampu menunjang sistem interview kita sukses. Saat bagian ini udah beres, biasanya kita dapat ditanyai perihal ekspektasi gaji terkecuali diterima bekerja di perusahaan tersebut. Nah, sebaiknya dipikirkan baik-baik lebih-lebih dahulu.